Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Bawa Isu Pengembangan UMKM ke KTT APEC di Manila

Kompas.com - 10/11/2015, 20:01 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan mewakili Presiden Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi APEC di Manila pada 18-19 November 2015 mendatang.

Wapres mengatakan akan membawa berbagai isu dalam pertemuan negara-negara Asia-Pasific itu. Salah satu yang ditekankan yakni terkait pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Ya, soal perdagangan yang adil, peningkatan UMKM, suatu bilateral perdagangan yang tentu saling mendukung," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Meski tak menjelaskan lebih rinci pengembangan sektor UMKM seperti apa yang akan dibawa ke KTT APEC, JK mengatakan bahwa pemerintah akan tetap memperjuangan kepentingan nasional di forum internasional itu.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah 2013, ada 55,2 juta UMKM atau 99,98 persen dari total unit usaha di Indonesia. UKM ini menyerap 101,72 juta tenaga kerja atau 97,3 persen dari total tenaga kerja Indonesia.

UMKM juga menyumbang 57,12 persen dari produk domestik bruto (PDB), kini menyampai Rp 8.200 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com