Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: "Kepret" Tiga Benalu Penghambat Kemajuan Indonesia

Kompas.com - 11/11/2015, 07:43 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, ada tiga hal yang menghambat perkembangan dan kemajuan negeri ini. Tiga hal itu merupakan benalu yang sudah menjadi budaya sehingga sulit untuk dihilangkan.

Ketiga hal tersebut yaitu feodalisme, primordialisme (perbedaan pendapat, suku, agama, ras), serta korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Ketiga hal inilah yang menghambat kemajuan Indonesia," kata Rizal dalam acara diskusi silaturahim dan dialog Menteri Rizal bersama tokoh Jawa Barat di Restauran Sindang Reret, Jalan Surapati, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/11/2015).

Oleh karena itu, kata dia, perlu cara tegas untuk memberanguskan budaya buruk ini. "Kalau kita ingin maju, kita kepret feodalisme, kita kepret KKN," tegasnya.

Saat ini, kata dia, masih banyak pejabat-pejabat negara lupa diri dan rakus kekuasaan. "Banyak sekali tikus-tikusnya, harus dikepret kalau mau maju," kata Rizal.

Terkait primordialisme, menurut dia, seiring dengan keberagaman pendapat, suku, agama, dan ras, seharusnya hal itu tidak menjadikan Indonesia terpecah-pecah.

Rizal menyatakan, Indonesia harus secepatnya membuang tiga benalu tersebut.

"Indonesia perlu berubah, caranya hapuskan feodal, hapus KKN. Kalau enggak, kita enggak mungkin jadi bangsa yang besar," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com