Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli Lobi Australia Agar Indonesia Jadi Dewan ICAO

Kompas.com - 19/11/2015, 13:40 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli pagi ini, Kamis (19/11/2015) bertemu dengan sejumlah pejabat negara Australia.

Hadir antara lain Menteri Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan Australia Peter Dutton, Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson, Konsulat Kementerian Imigrasi dan Direktur Regional Asia Tenggara Annette Keenan, serta Staf Ahli Kementerian Australia Steve Ingram.

Rizal menuturkan, dalam pertemuan tersebut banyak topik yang dibahas mulai dari investasi dan perdagangan, pariwisata, termasuk di dalamnya urusan penerbangan.

Rizal mengatakan, pemerintah Indonesia meminta dukungan kepada Australia agar bisa masuk menjadi anggota Dewan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), sebuah asosiasi penerbangan kelas dunia.

"Kami minta Indonesia kepengen terpilih menjadi council  ICAO, International Civil Aviation Organization," ucap Rizal.

Menurut Rizal, bisnis penerbangan Indonesia ini sekarang termasuk 10 terbesar di dunia. Atas dasar itu, ingin menjadi bagian dari ICAO.

"Saya bantu lobi supaya pemerintah Australia bisa dukung, negara-negara lain juga bisa dukung," kata dia.

Dengan masuk menjadi bagian Dewan ICAO, diharapkan kategori wilayah penerbangan RI bisa naik peringkat dari Kategori 2 menjadi Kategori 1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com