Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Apa Pun Usaha Anda, 25 Persen Itu Milik Pemerintah

Kompas.com - 23/11/2015, 12:44 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan kepada para pelaku usaha agar lebih taat membayar pajak. Kalla mengatakan, saat ini masih banyak pengusaha yang kerap mengeluhkan soal buruknya infrastruktur di Indonesia, tetapi tak berkontribusi untuk memperbaikinya.

Hal itu dikatakan Kalla kepada ratusan pengusaha saat memberi sambutan dalam Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia VII di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Senin (23/11/2015).

"Jangan hanya marah tak ada infrastruktur jalan, protes bunga bank tinggi, tak ada pelabuhan. Tak ada itu bangun infrastruktur dari kantong Jokowi-JK, jadi bayarlah pajak karena pajak yang dibayar akan kembali ke Anda juga," ungkapnya.

Kalla tak menampik jika saat ini ada sejumlah pengusaha yang masih enggan membayar pajak.

"Apa pun usaha Anda, 25 persen yang Anda miliki itu milik pemerintah, itu yah dari pajak. Makanya, yang belum bayar pajak, segera (bayar) karena itu milik bersama, makanya bisa kita tarik," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kalla juga mengingatkan para pengurus kadin agar gencar menjalankan kerja sama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kadin adalah organisasi di bidang ekonomi, bukan politik. Beda antara ekonomi dan politik. Kadin mengedepankan pimpinan yang mendorong kerja sama. Karena itu, kita hadir di sini untuk dapat bekerja sama, kooperatif," tuturnya.

"Saya mengharapkan musyawarah ini akan melanjutkan pimpinan yang baik dan dapat bekerja sama mendorong ekonomi," kata Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com