Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembiayaan Bank Mandiri ke Sektor Sawit Capai Rp 49 Triliun

Kompas.com - 23/11/2015, 14:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk hingga akhir September 2015 berhasil menyalurkan kredit ke sektor kelapa sawit senilai total Rp 49 triliun.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin menyebutkan kredit tersebut tumbuh sebesar 8,8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Bank Mandiri tetap konsisten dalam menetapkan targeted customer yaitu perusahaan-perusahaan yang memiliki pengalaman di industri kelapa sawit," jelas Budi, Senin (23/11/2015).

Menurut Budi, harga kelapa sawit tergolong sangat dinamis. Terkait kondisi ini, perseroan tetap menganut prinsip kehati-hatian dalam menyalurkan kredit.

Dalam menyalurkan kredit ke sektor kelapa sawit, Bank Mandiri memilih pelaku-pelaku usaha yang telah berpengalaman dalam menghadapi fluktuasi harga komoditas dunia.

Sehingga secara umum saat ini perusahaan-perusahaan debitur perseroan masih beroperasi dengan baik.

Di samping itu, ia memandang bahwa perusahaan yang telah terintegrasi dengan industri hilir dinilai lebih stabil pada saat kondisi seperti sekarang ini.

Terkait dengan penyaluran kredit ke sektor sawit, Bank Mandiri saat ini masuk menjadi salah satu dari delapan bank yang menjadi pionir dalam program keuangan berkelanjutan.

OJK bersama WWF akan mendampingi delapan bank ini untuk mulai menerapkan keuangan berkelanjutan secara sistematis dengan mengambil contoh kasus pada sektor kelapa sawit.

Proyek ini akan berjalan selama 1,5 tahun yang dimulai pada Januari 2016.

“Bank dapat mengambil peran dalam memperbaiki profil industri ini agar komoditi ini dapat terus menjadi andalan ekonomi nasional,” ujar Deputi Direktur Arsitektur Perbankan Indonesia OJK Edi Setijawan dalam kesempatan sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com