Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Berstatus Waspada, AP I Tambah Mesin Sinar X hingga "Metal Detector"

Kompas.com - 23/11/2015, 18:54 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Status keamanan semua bandar udara (bandara) di Indonesia menjadi Waspada menyusul teror terhadap beberapa maskapai di sejumlah negara.

Arahan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) langsung ditindaklanjuti oleh operator bandara. Angkasa Pura I (AP I), misalnya, akan menyiapkan tambahan peralatan dan personel untuk peningkatan keamanan di sejumlah bandara yang dikelolanya.

"Sesuai arahan Dirjen, kami harus meningkatkan keamanan. (Mesin) X-ray dan sumber daya manusia kami tambah," ujar Sekretaris Perusahaan PT AP I Farid Indra Nugrah saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Lebih lanjut, kata dia, Senin siang tadi, Kementerian Perhubungan juga sudah merapatkan peningkatan keamanan bandara ke status Waspada. Oleh karena itu, kata dia, pihak AP I akan melakukan koordinasi internal.

"Kami sudah diberi warning instruksi dari direksi semua bandara di bawah AP I," kata Farid.

Sebelumya, status keamanan bandara di seluruh Indonesia dinaikkan menjadi Waspada.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo, peningkatan status keamanan itu menyusul adanya ancaman teror terhadap maskapai penerbangan di beberapa negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com