Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rini: "Holding" BUMN Energi Harus Per Sektor

Kompas.com - 24/11/2015, 10:40 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno menyatakan, rencana pembentukan holding BUMN energi harus melihat sektor per sektor.

Sektor yang saat ini dikaji adalah BUMN sektor pertambangan.

“Kita melihat ada pembagian-pembagian. Tidak bisa langsung hanya satu holding,” ucap Rini ditemui usai memberikan pidato kunci di Pertamina Energy Forum 2015, Conference and Exhibition, di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Rini juga menyampaikan, BUMN di sektor pertambangan yang kemungkinan akan dibuat holding yaitu PT Aneka Tambang (Persero) Tkb, PT Timah (Persero), serta PT Bukit Asam (Persero).

Menurut Rini, holding BUMN sektor pertambangan ini bisa berupa investment holding atau operating holding.

Apabila berbentuk investment holding, berarti akan didirikan perusahaan yang menjadi pemegang holding perusahaan-perusahaan BUMN di dalamnya.

Sementara itu, apabila menjadi operating holding, maka salah satu dari perusahaan tersebut akan ditunjuk sebagai leader.

Jika terealisasi, maka holding ini akan menjadi yang kedua setelah adanya holding BUMN perkebunan. Saat ini holding perkebunan dipimpin oleh PTPN III dengan 13 anak perusahaan perkebunan pelat merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com