Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Rekrut Anak Pedagang Pasar untuk Salurkan KUR

Kompas.com - 26/11/2015, 18:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) merekrut anak-anak pedagang pasar untuk menjadi tenaga pemasaran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga menuturkan langkah tersebut dilakukan guna memperbesar penyaluran KUR yang dilakukan perseroan.

"Kami merekrut tenaga pemasar baru yang berasal dari anak pedagang pasar di masing-masing daerah. Mereka kita jadikan ujung tombak bagi pemasaran KUR di lingkungan pasar di mana mereka biasa beraktivitas," kata Hari Siaga dalam keterangan resmi, Kamis (26/11/2015).

Menurut Hari, inovasi perekrutan tenaga kerja dengan sumber daya anak pedagang pasar ini didasarkan pada pertimbangan bahwa mereka sangat memahami kondisi usaha dan kondisi psikologis para pedagang.

Selain itu, mereka merupakan putra daerah yang paham akan kultur atau budaya daerah yang bersangkutan.

Keuntungan lain merekrut anak-anak pedagang pasar lantaran mereka dan keluarganya bisa memberi rekomendasi yang tepat atas permohonan para pedagang di pasar.

Saat ini perseroan memiliki lebih dari 8.000 tenaga pemasar khusus KUR yang tersebar di 19 (sembilan belas) wilayah kerja Kantor Wilayah BRI di seluruh Indonesia.

Rencananya, jumlah tenaga pemasar ini akan ditingkatkan menjadi minimal 10.000 orang untuk mendukung pencapaian penyaluran KUR BRI yang lebih tinggi di tahun 2016.

Apalagi pemerintah telah menyampaikan bahwa target penyaluran KUR 2016 akan ditingkatkan menjadi sebesar Rp 100 triliun.

Adapun saat ini BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 10 triliun dan ditargetkan penyaluran KUR hingga akhir tahun 2015 mencapai Rp 12 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com