Gandeng PBNU, Bank Mandiri Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Pesantren - Kompas.com

Gandeng PBNU, Bank Mandiri Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Pesantren

Kompas.com - 26/11/2015, 19:07 WIB
Thinkstock Ilustrasi: Wirausaha
JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar workshop kewirausahaan di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Guyangan, Trangkil, Pati, Jawa Tengah.

Workshop yang diikuti oleh sekitar 500 santri tesebut memaparkan berbagai hal mengenai peluang wirausaha, tips dan trik berwirausaha hingga etika bisnis.

Menurut Direktur Micro & Business Banking Bank Mandiri Tardi, pesantren menyimpan potensi bibit wirausaha. Sehingga perlu diberikan pembinaan dan pendampingan untuk mengasah kemampuan berbisnis sesuai dengan kearifan lokal.

“Pesantren telah lama mengakar di masyarakat. Hal ini merupakan kekuatan yang dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam meraih kemajuan hidup,” kata Tardi dalam penjelasan resmi, Kamis (26/11/2015).

Dalam workshop tersebut, Bank Mandiri menghadirkan CEO Petak Umpet M. Arief Budiman serta finalis kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) asal Jawa Tengah, untuk berbagi pengalaman.

Sebelum Pati, kegiatan serupa juga telah diselenggarakan di Medan dan Makassar.

Rencananya pada Desember 2015 mendatang akan diselenggarakan WMM Goes To Pesantren di Pondok Pesantren Sunan Dradjat Lamongan dengan perkiraan peserta mencapai 1.500 santri.

Program WMM merupakan bentuk kepedulian Bank Mandiri sekaligus dukungan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan generasi muda.


Pencarian bibit wirausaha muda baru ini dilakukan melalui pelaksanaan modul kewirausahaan di perguruan tinggi negeri dan swasta, pemberian beasiswa wirausaha, pelaksanaan workshop dan penganugerahan penghargaan.

EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X