Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara OJK Mengenalkan soal Keuangan untuk Anak-anak

Kompas.com - 27/11/2015, 11:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara intensif menggelar berbagai program guna meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat Indonesia. Kali ini, OJK meluncurkan buku berjudul Mengenal Jasa Keuangan untuk tingkat sekolah dasar (SD).

Buku Mengenal Jasa Keuangan tersebut diperuntukkan bagi siswa kelas IV dan V SD. Buku yang dilengkapi alat peraga ini merupakan materi pengayaan yang akan diajarkan kepada siswa untuk memperkenalkan sejak dini mengenai konsep-konsep keuangan, pengelolaan keuangan, serta berbagai produk dan jasa keuangan.

Menurut Kepala Eksekutif Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono, materi buku ini meliputi pengenalan tentang OJK dan industri jasa keuangan yang meliputi perbankan, asuransi, pembiayaan, pasar modal, dana pensiun, pegadaian, dan ekonomi syariah.

"Buku ini untuk mulai mengenalkan anak-anak SD kelas IV dan V SD mengenai berbagai hal di sektor keuangan sekaligus mengenalkan OJK sebagai otoritas di sektor keuangan kepada anak-anak," kata Kusumaningtuti di SD Negeri 01 Menteng, Jakarta, Jumat (27/11/2015).

Sejak tahun 2014, OJK bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyusun buku edukasi keuangan tingkat SMA dan SMP yang dilanjutkan dengan buku untuk tingkat SD.

Langkah ini merupakan bagian dari Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia.

Kusumaningtuti menjelaskan, OJK akan mendistribusikan buku dan alat peraga edukasi keuangan tingkat SD ini ke 1.500 SD yang tersebar di seluruh Indonesia. OJK pun telah menghelat training of trainers bagi para guru dan dosen untuk edukasi literasi keuangan yang optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com