Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mundur sebagai Dirjen Pajak, Wapres Sebut Sigit Sportif

Kompas.com - 02/12/2015, 12:40 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku menghargai keputusan Sigit Priadi Pramudito yang mengundurkan diri dari jabatan Direktur Jenderal Pajak lantaran penerimaan pajak 2015 tak mencapai target. (baca: Mundur sebagai Dirjen Pajak, Sigit Priadi Kirimkan SMS Ini)

Menurut Kalla, apa yang dilakukan Sigit adalah bentuk sportivitas.

"Tentu kita menghargai suatu upaya, dan juga kita menghargai sportivitas dan kejujuran. Kita menghargai, walaupun tidak tercapai (target pajak)," ujar Wapres di Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Menurut dia, Sigit gagal mencapai target bukan karena ketidakmampuannya, melainkan lantaran situasi ekonomi dunia termasuk Indonesia saat ini sedang menurun.

Kalla juga membantah kalau target penerimaan pajak Rp 1.294,3 triliun pada 2015 terlalu tinggi. Dia yakin kalau ekonomi dunia dan nasional seperti 2-3 tahun lalu, target tersebut pasti tercapai.

"Tapi yang penting saya menghargai kejujuran dan tentu sportivitas dari Dirjen Pajak," kata Kalla.

Sementara untuk tahun depan, Wapres mengatakan pemerintah tetap optimis mampu mencapai target pajak. Hal itu bisa tercapai bila program-program ekonomi pemerintah berjalan sehingga ada dorongan kepada ekonomi nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com