Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Bisa Bangun Pelabuhan Kapal Pesiar dari Dari Perpanjangan Kontrak JICT

Kompas.com - 04/12/2015, 18:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) RJ Lino mengatakan bahwa pihaknya akan mengembangkan pelabuhan cruise atau kapal pesiar bersama PT Pelni dan PT Pelindo III.

Pengembangan ini didanai oleh keuntungan hasil perpanjangan kontrak Jakarta International Container Terminal (JICT).

Lino menjelaskan, pelabuhan kapal pesiar tersebut akan berlokasi di Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ini kenapa kita bisa (kembangkan pelabuhan kapal pesiar), karena salah satu sumber pembiayaan itu dari perpanjangan JICT yang menguntungkan itu," kata Lino di sela-sela rapat Pansus Pelindo II di Gedung DPR/MPR, Jumat (4/12/2015).

Lebih lanjut, Lino menjelaskan tentunya ada kontrak baru, yaitu New Priok yang sekarang baru diperoleh pemasukan penawaran untuk terminal 2 dan 3.  Ini membuat perseroan memiliki dana Rp 18,5 triliun.

"Tidak banyak perusahaan Indonesia yang memiliki uang Rp18,5 triliun. Di samping itu, dengan struktur pembiayaan kita, di mana kita punya free risk case flow sebesar 288 juta dollar AS per tahun atau setara dengan Rp 4 triliun per tahun. Itu kita bisa terbitkan lagi global bond sekitar 4 miliar dollar AS atau kurang lebih hampir Rp 60 triliun," papar Lino.

Dengan demikian, kata Lino, pihaknya dapat membuat pelabuhan-pelabuhan Indonesia lainnya. Salah satu sumbernya dari JICT.

"Itu salah satunya, bukan hanya ini (JICT) saja. JICT itu bagian kecil dari Pelindo II," jelas Lino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com