Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketimpangan Meluas, Pertumbuhan Ekonomi RI Jangka Panjang Bisa Melambat

Kompas.com - 08/12/2015, 13:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Dunia dalam laporan Indonesia’ Rising Divide menyatakan bahwa ketimpangan di Indonesia semakin meluas dibanding negara-negara tetangga.

Ketimpangan berdampak negatif menghalangi potensi pertumbuhan negara dengan risiko meningkatnya ketegangan sosial.

“Meskipun pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan di Indonesia mengesankan, kesetaraan dalam pertumbuhan lebih sulit tercapai. Kalangan mampu maju jauh lebih cepat dari mayoritas masyarakat," kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia Rodrigo Chaves di Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Menurut Chaves, Indonesia berisiko mengalami pertumbuhan yang lebih lambat serta konflik sosial apabila terlalu banyak masyarakat Indonesia tertinggal.

Potensi mereka yang hilang juga merupakan hilangnya potensi Indonesia. Kisah sukses Brazil bisa menjadi contoh betapa kebijakan-kebijakan pemerintah sangat berperan dalam mengurangi ketimpangan.

“Indonesia dapat memperbaiki infrastruktur di tingkat provinsi agar anak-anak di pelosok provinsi memiliki kesempatan yang sama," kata Vivi Alatas, Ekonom Bank Dunia pada kesempatan yang sama.

Vivi menjelaskan, ketika anak-anak tersebut mulai bekerja, Indonesia dapat menyediakan pelatihan keterampilan bagi pekerja informal, agar mereka tidak terperangkap dalam pekerjaan upah rendah tanpa peluang mobilitas.

"Banyak pilihan kebijakan fiskal yang dapat menambah pendapatan negara dan mengalihkan pembelanjaan ke program-program yang akan berdampak langsung pada masyarakat miskin,” ungkap Vivi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com