Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi: Membangun Indonesia Perlu Pikiran yang Positif

Kompas.com - 10/12/2015, 11:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengingatkan perlunya optimisme dan pikiran postif untuk membangun bangsa. Sebab tanpa itu, pembangunan Indonesia diyakini tak akan mampu berjalan dengan baik.

"Kita mau bangun bangsa dengan pikiran negatif, tidak bisa. Yang tidak punya pikiran positif silakan, tidak usah sama-sama menjadi tim pembangun bangsa karena nanti akan menular," ujar Susi di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Kata-kata Susi itu dilontarkan dihadapan sekitar 1.000 anak muda yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa di Ballroom Gedung Mina Bahari 3 Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Menurut menteri asal Pangandaran, Jawa Barat itu, Indonesia tak boleh dibangun dengan pikiran-pikiran negatif. Oleh karena itu, sikap optimistis juga sportivitas harus ditanamkan sejak dini kepada generasi-generasi muda.

Menteri nyentrik di Kabinet Kerja itu juga menjadikan dirinya sebagai contoh. Tanpa menyelesaikan Sekolah Menengah Atas (SMA), Susi mengatakan bahwa dirinya bekerja keras untuk mencapai posisinya saat ini.

Kerja keras itu tutur dia harus ditanamkan sedari dini pada generasi muda.

"Untuk bergembira dan mempertahankan kegembiraan saja butuh kerja keras. Kita harus cinta laut kita," ucap Susi.

baca juga: Berantas "Illegal Fishing", Menteri Pertanian Thailand Bakal Tiru Cara Susi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com