Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Pelabuhan Jalur Tol Laut Selesai Dibangun

Kompas.com - 10/12/2015, 12:49 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terus membangun infrastruktur untuk peningkatan konektivitas Indonesia. Proyek tol laut terus digarap oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkompeten.

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang diberi amanat untuk membangun lima pelabuhan strategis dari 24 pelabuhan utama menjanjikan penyelesaian proyek dua tahun lagi, atau tahun 2017.

"Lima pelabuhan strategis kita harapkan akan kita selesaikan dalam waktu 2 tahun ke depan. Karena itu sudah kita masukan ke tahap 1 prioritas," kata Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Djarwo mengatakan, Pelindo III mendapatkan bagian untuk membangun lima dari 24 pelabuhan jalur tol laut, yakni Tanjung Perak, Tanjung Emas, Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Kupang, dan Pelabuhan Sampit.

Adapun Pelindo IV, mendapatkan amanat paling banyak yakni membangun 10 pelabuhan. Perkembangan saat ini, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sudah selesai pembangunan infrastruktur dasarnya.

"Teluk Lamong tahap satu selesai, alur selesai, jadi sudah selesai. Yang kita bangun sekarang adalah untuk peningkatan produtivitas," jelas Djarwo.

Lebih lanjut dia menuturkan, investasi yang dibutuhkan untuk membangun lima pelabuhan strategis tersebut mencapai Rp 8 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com