Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Menteri Susi dengan Gubernur Ahok

Kompas.com - 11/12/2015, 19:07 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengumpulkan seluruh pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka review kinerja akhir tahun Kementerian di Gedung Mina Bahari 3 Kantor KKP, Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Dalam pidatonya, Susi sempat menceritakan bagaimana awal jajaran Direktur Jenderal KKP berupaya keras menyesuaikan diri dengan budaya kerja yang ia bawa. Meski sadar apa yang dia perbuat cukup berat, sambil bercanda, menteri nyentrik asal Pangandaran, Jawa Barat itu coba membandingkan dirinya dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. "Ya namanya juga adaptasi satu sama lain, Ibu adaptasi dengan KKP, KKP coba adaptasi dengan Ibu. Tapi aku masih lebih santun Pak dibanding Pak Ahok. Belum pernahkan lihat Ibu marah-marah kan?," ujar Susi sembari tertawa.

Kata-kata Susi itu lantas membuat para pegawai KKP yang hadir tertawa. Selama ini, Ahok memang identik sebagai gubernur yang tegas dan keras. Bahkan, mantan Bupati Belitung Timur itu tak jarang mengeritik, memarahi, memaki bawahannya yang dianggap tak melaksanakan tugasnya dengan baik.

Tak jarang pula kekesalan Ahok itu berhubung pada pemecatan bawahannya tersebut. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), subsektor perikanan mengalami pertumbuhan sebesar 8,37 persen, lebih tinggi dibandingkan 7,17 persen pada kuartal II 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com