Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluhan Mereka, Peluang bagi Kita

Kompas.com - 14/12/2015, 08:46 WIB

Oleh Jazak Yus Afriansyah
@jazakYA

KOMPAS.com - Umumnya manusia, tidak akan pernah sudi menerima keluhan. Apalagi jika keluhan tersebut terkadang tidak relevan dengan apa yang menjadi tanggung jawabnya. atau dengan kata lain tidak semua dari kita rela menerima keluhan yang tidak “nyambung” dengan situasi dan kondisi yang kita hadapi.

"Ah itu hanya akan menambah beban saya saja! Buat apa ditanggapi?” demikian yang sering kita ungkapkan.

Bagaimana dengan Anda, apakah juga sering mendapatkan kiriman keluhan?

Apalagi jika kita tengok kondisi saat ini, di mana banyak sekali rekan-rekan yang mengeluh dan bertanya-tanya mengapa segala sesuatu menjadi lebih sulit dari biasanya? Mengapa omzet penjualan saya turun? Mengapa tiba-tiba klien membatalkan deal yang bernilai miliaran rupiah? Apa yang terjadi sehingga saya sulit sekali mendapatkan pekerjaan?

Padahal jika kita mau menyelami lebih dalam lagi, pada hakikatnya semua keluhan tersebut mengandung banyak sekali hikmah serta peluang yang bisa kita optimalkan untuk kemajuan dan pertumbuhan bisnis dan karier kita.

Nah, daripada kita ikut-ikutan mengeluh, lebih baik kita lihat dan pahami keluhan tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Mari kita tatap keluhan tersebut dengan menggunakan pendekatan Otak Miring (baca: Dahsyatnya Otak Miring).

Siapa tahu kita bisa mendapatkan sesuatu yang bermakna dahsyat dibalik semua keluhan yang disampaikan khalayak ramai.

Keluhan memang Peluang!

Akibat banyaknya orang mengeluh macet dan sulit mendapatkan parkir ketika berbelanja di mal konvesional, menimbulkan peluang berbelanja via online, bahasa kerennya e-commerce yang saat ini kita lihat pertumbuhannya sangat menakjubkan.

Dengan belanja online orang tidak perlu repot antri, dan pastinya tidak akan mengalami macet yang menyakitkan lahir dan bathin.

Disebabkan banyaknya orang mengeluh repotnya mengurus pesta pernikahan, maka menimbulkan peluang Wedding Organizer yang menggiurkan. Juga karena banyak karyawan mengeluh betapa repotnya mengurus sebuah Rapat Kerja Tahunan yang melibatkan ratusan bahkan ribuan karyawan maka menghadirkan peluang Event Organizer.

Paling up to date, semakin banyak warga Ibukota yang berteriak mengeluhkan kemacetan yang semakin tidak terkendali, melahirkan peluang moda transportasi alternatif yang inovatif seperti, Grab bike, Go Jek, Lady Jek, dan sejenisnya.

Anda yang saat ini sedang merintis usaha start up pasti membutuhkan sarana kantor, karena keluhan sewa kantor yang sangat mahal maka ini ditangkap sebagai peluang untuk menghadirkan Sharing Office.

Sharing Office merupakansebuah konsep sewa perkantoran baru dengan harga terjangkau serta fasilitas layaknya kantor. Saat ini konsep tersebut semakin menjamur dan digemari oleh para perintis usaha.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com