Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Resmi Ambil Alih Asuransi Bringin Jiwa Sejahtera

Kompas.com - 14/12/2015, 14:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyetujui pengambilalihan PT Asuransi Bringin Jiwa Sejahtera (BJS).

RUPSLB dihadiri pemegang saham yang mewakili 84,3 persen dari jumlah saham yang dikeluarkan.

Pengambilalihan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Saham Bersyarat, di mana Dana pensiun (Dapen) BRI menjual kepemilikan sahamnya di BJS kepada Bank BRI.

"Total nilai pengambilalihan untuk jumlah saham tersebut setara 1,69 kali nilai buku per Juni 2015. Selanjutnya, pasca pengambilalihan oleh Bank BRI, susunan kepemilikan saham BJS berubah menjadi 91 persen saham Bank BRI dan 9 persen saham Yayasan Kesejahteraan Pekerja (YKP) Bank BRI," kata Direktur Utama BRI Asmawi Syam di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Sebagai pemegang saham baru BJS, BRI optimis dalam waktu 3 tahun ke depan akan mampu membawa BJS menuju sebagai salah satu asuransi jiwa terbesar di Indonesia

Untuk mencapai target tersebut, BRI akan melakukan implementasi strategi dengan fokus kepada dua hal.

Pertama, memanfaatkan keunggulan kompetitif Bank BRI, antara lain brand awareness, customer base dan jaringan serta model bisnis bancassurance yang telah terbangun.

"Kedua, melakukan pembenahan internal untuk meningkatkan daya saing perusahaan melalui produk yang lebih baik, pemanfaatan IT, dan pelaksanaan prinsip kehati-hatian dalam proses operasional," ujar Asmawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com