Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tantangan Ekonomi Global yang Harus Diwaspadai pada 2016

Kompas.com - 14/12/2015, 15:32 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tantangan ekonomi global pada 2016 masih berkutat pada 3 hal yakni kondisi ekonomi Tiongkok, suku bunga AS, dan harga komoditas.

"Ekonomi Tiongkok selama 10 tahun terakhir tumbuh 10,4 persen. Selama 5 tahun 2012-2015 turun ke 7,5 persen. Dalam 5 tahun ke depan akan dikisaran 6,5 persen. Kalau ekonomi Tiongkok turun berdampak ke Indonesia 0,4-0,6 persen. Ini perlu diwaspadai karena ekonomi Tiongkok erat ke ekonomi dunia," ujar Agus di Kantor BI, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Selain ekonomi Tiongkok, faktor kemungkinan kenaikan suku bunga AS juga perlu diwaspadai. Menurut BI, ada kemungkinan Desember ini The Fed menaikan suku bunga.

"Ini perlu diwaspadai karena ada kecenderungan dollar terus menguat. Karena AS selama berupaya melakukan perbaikan," kata dia.

Kondisi ketiga yang masih harus diwaspadai yakni harga komoditas yang menurun sejak 3 tahun silam.

Tahun depan diperkirakan kondisinya masih belum ada perubahan yang signifikan.

"Bahkan 2016 masih akan ada koreksi. Harga minyak terkoreksi turun, dan itu kondisi yang dialami negara di dunia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com