Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Perusahaan asal Indonesia, Adidas Pun Tertekan Kenaikan Nilai Tukar Dollar AS

Kompas.com - 24/12/2015, 17:12 WIB

FRANKFURT, KOMPAS.com - Perusahaan pakaian dan perangkat olah raga, Adidas, memperkirakan tahun depan bakal mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memenuhi bahan baku produksi seiring dengan menguatnya dollar AS.

"Karena nilai tukar (euro) yang negatif, biaya pembelian untuk bahan baku kemungkinan akan naik sekitar 500 juta euro (548 juta dollar AS) tahun depan," ujar Chief Financial Officer Adidas  Robin Stalker sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (24/12/2015).

Menguatnya dollar AS membebani banyak perusahaan termasuk Adidas, yang memproduksi berbagai barang di negara-negara Asia serta membayarnya dalam dollar AS.

Sebagaimana diketahui, dollar AS kembali menguat terhadap euro serta mata uang negara lainnya sebagai dampak dari perbedaan kebijakan moneter Federal Reserve dan European Central Bank.

Stalker menjelaskan kondisi ini bukanlah yang pertama yang dihadapi Adidas akibat melemahnya nilai tukar.

"Kami telah melakukan langkah cepat untuk itu, salah satunya adalah mengurangi ragam produk serta menaikkan harga," lanjut dia.

"Karena itu, kami tetap percaya bahwa perusahaan akan mampu untuk mengantisipasi kondisi ini terkait dengan keuntungan yang diperoleh," kata Stalker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com