Tingkatkan Kinerja, Pos Indonesia Bersinergi dengan Lima BUMN - Kompas.com

Tingkatkan Kinerja, Pos Indonesia Bersinergi dengan Lima BUMN

Kontributor Bandung, Reni Susanti
Kompas.com - 30/12/2015, 00:11 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan kinerja dan pengembangan bisnis, PT Pos Indonesia dan lima BUMN menandatangani perjanjian kerja sama sinergitas.

Kelima perusahaan tersebut yakni Bank Mandiri, Bio Farma, Kimia Farma, Telkom, dan Pertamina.

"Kerja sama sinergitas ini akan memperkuat sektor usaha masing-masing, dan merupakan bagian dari transformasi yang dilakukan di semua lini," kata Direktur PT Pos Indonesia Gilarsi W Setijono dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (29/12/2015).

Gilarsi menjelaskan, sinergitas meliputi pemanfaatan potensi masing-masing pihak. Ia mencontohkan PT Pos Indonesia memiliki banyak layanan bidang jasa pengiriman, layanan keuangan, dan memiliki jaringan kantor yang luas hingga ke peloksok negeri.

"Pengembangan bisnis inti Pos Indonesia akan mulai ditingkatkan kapasitas SDM-nya, peningkatan teknologi layanan dan semua elemen dalam organisasi," kata Gilarsi.

Sementara itu Bank Mandiri dalam kerja sama sinergi itu akan menyediakan layanan perbankan bagi PT Pos Indonesia untuk menekan efisiensi pengelolaan kas.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A Arianto menyebutkan nantinya Bank Mandiri akan mengelola kas PT Pos Indonesia seperti penyediaan likuiditas, penerimaan setoran dana, dan rekening Pos, fasilitas cash management serta layanan perbankan lainnya.

"Kami berharap layanan perbankan Mandiri dapat membantu PT Pos Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis ke depan terutama di sektor ekspedisi, logistik dan keuangan," katanya.

Dia menyebutkan, sinergi dengan Pos Indonesia telah menghasilkan banyak pengembangan bisnis seperti pembentukan bank joint venture bersama dengan PT Taspen, juga menyediakan layanan keuangan bagi pegawai dan pensiunan PT Pos Indonesia.

Sementara itu Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin menyebutkan, PT Telkom dalam kerja sama sinergitas itu akan memperkuat jaringan infrastruktur berbasis internet bagi setiap layanan Pos Indonesia. 

PenulisKontributor Bandung, Reni Susanti
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X