Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia di Bawah 40 Tahun, Aset Sudah Triliunan

Kompas.com - 01/01/2016, 16:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Dalam daftar resmi 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2015 yang dipublikasikan oleh majalah Forbes, terdapat beberapa orang super kaya Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut pada usia yang masih di kisaran 50 tahun ke bawah.

Bahkan ada yang umurnya masih di bawah 40 tahun, namun sudah mempunyai aset hingga triliuan rupiah. (baca: Ini 50 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2015)

Ini beberapa orang yang masih relatif "muda" dan sukses masuk dalam daftar orang paling terkaya di Indonesia tahun 2015"

1. Ciliandra Fangiono (39)
Miliarder termuda Indonesia yang masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia tahun ini adalah Ciliandra Fangiono . Forbes mencatat kekayaan Ciliandra mencapai 1,3 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 18,1 triliun. Kekayaan tersebut merupakan hasil dari bisnis First Resources yang dikelola Ciliandra dan merupakan bisnis yang didirikan sang ayah, Martias Fangiono.

First Resources mengoperasikan lebih dari 190.000 hektar perkebunan kelapa sawit dan 12 unit pengolahan minyak kelapa sawit di Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat. First Resources berencana menginvestasikan dana 130 juta dollar AS atau setara Rp 1,8 triliun untuk mengembangkan perkebunan dan meningkatkan kapasitas pengolahan minyak sawit.

2. Iwan Lukminto (40)
Iwan adalah putra tertua H. M. Lukmito yang mendirikan Sritex Group, industri garmen dan tekstil terbesar di Indonesia. Iwan kini menjabat Presiden Direktur Sritex dan memiliki kekayaan mencapai 540 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 7,5 triliun.

Bisnis Sritex berawal dari toko yang menjual batik di Pasar Klewer, Solo pada tahun 1966. Kini, Sritex telah menembus ekspor dengan spesifikasi memproduksi seragam militer untuk berbagai negara, termasuk seragam militer untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

3. Hary Tanoesoedibjo (50)
Bos Grup MNC ini kini memiliki kekayaan mencapai 1 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 13,7 triliun. Ia dikenal sebagai taipan di bidang media berkat MNC Group yang didirikannya, merambah dari media cetak maupun elektronik.

Tidak hanya menjalankan bisnis di bidang media. konglomerasi MNC Group merambah ke sektor lainnya. Di sektor keuangan, MNC memiliki anak usaha berupa bank, asuransi, maupun sekuritas.

4. Garibaldi Thohir (50)
Garibaldi Thohir  tercatat memiliki kekayaan mencapai 605 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 8,4 triliun. Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini menjabat Presiden Direktur Adaro Energy, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara yang sayangnya terpukul akibat jatuhnya harga komoditas batu bara.

Boy pun memiliki investasi di sektor properti, telekomunikasi, otomotif, dan klub olahraga. Berbeda dengan Adaro, bisnis-bisnis Boy di sektor tersebut berjalan dengan baik dan bahkan bernilai lebih tinggi ketimbang sahamnya di Adaro. Ia pun berencana membangun 25 hotel baru dan memulai operasi tambang emas di Jawa tahun depan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com