Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu: Tugas Menteri Penghubung untuk Dorong Investasi

Kompas.com - 05/01/2016, 14:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan tugas menteri penghubung yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo beberapa tahun lalu adalah terkait upaya peningkatan investasi.

Dengan demikian, perdagangan luar negeri pun akan meningkat. "Penunjukkan menteri penghubung dalam rangka meningkatkan termasuk debottlenecking masalah-masalah yang menghambat kerjasama kemajuan investasi," ujar Retno Selasa (5/1/2016).

Meskipun demikian, lanjut Retno, secara keseluruhan koordinator hubungan luar negeri tetap berada di tangan Menlu. Pasalnya, ada undang-undang di mana Menlu bertindak sebagai koordinator hubungan luar negeri Indonesia.

Terkait perdagangan luar negeri, Retno menjelaskan banyak elemen yang terkandung di dalamnya. Dalam perdagangan luar negeri, jelas Retno, tidak hanya mengandung elemen perdagangan, namun juga investasi dan pariwisata.

"Dalam konteks bagaimana kita memajukan, Kemenlu tidak bisa lepas sendiri. Kami bekerjasama dengan BKPM yang dibentuk untuk peningkatan investasi. Dengan adanya penujukkan ini (menteri penghubung) akan mempercepat investasi," terang Retno.

Beberapa waktu lalu, Jokowi menunjuk 12 menteri sebagai menteri penghubung bagi negara lain yang ingin menanamkan investasinya di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com