Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INACA Pertanyakan Pemeringkatan Maskapai Nasional oleh Airlineratings.com

Kompas.com - 07/01/2016, 17:37 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah situs pemeringkat penerbangan, yang salah satunya AirlineRating.com, memasukkan sebagian besar maskapai nasional dalam katagori berbahaya karena kurang memperdulikan masalah keamanan.

Asosiasi Maskapai Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Transport Association (INACA) menanggapi rating tersebut dengan serius.

Safety is Mandatory dan INACA berkomitmen agar seluruh maskapai selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan penerbangan," ujar Ketua INACA Arif Wibowo dalam ketarangan resmi, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

INACA mempertanyakan secara serius kriteria penilaian yang dilakukan situs asing tersebut. Apalagi yang dinilai adalah aspek keamanan dan keselamatan penerbangan nasional.

Menurut Arif, setiap survei harus harus memiliki metodelogi yang jelas, terukur. dan dapat dipertanggungjawabkan.

Arif juga membandingkan situs tersebut dengan dengan Skytrax yakni lembaga independen pemeringkat maskapai dunia berbasis di London. Skytrax telah diakui kompetensinya di bidang aviasi oleh industriawan global.

Bahkan lembaga itu memberikan berbagai penghargaan kepada maskapai Indonesia yakni Garuda Indonesia.

Maskapai nasional tutur dia, senantiasa patuh pada peraturan keamanan dan keselamatan yang ada, baik dari Pemerintah RI maupun dari berbagai regulator internasional.

Misalnya, International Civil Aviation Organization (ICAO), Federal Aviation Administration (FAA) dan European Aviation Safety Agency (EASA). Pemerintah ucap dia juga memiliki komitmen besar terkait keselamatan penerbangan.

Sebagai perbandingan dalam pemeringkatan tersebut, Garuda Indonesia hanya mendapatkan bintang tiga untuk aspek keselamatan.

Sementara, Malaysia Airlines memperoleh bintang lima, meskipun maskapai tersebut menghadapi berbagai masalah.

Tak hanya hilangnya pesawat MH370 dan jatuhnya MH17. Beberapa waktu lalu, Malaysia Airlines juga mengalami salah rute untuk penerbangan Auckland-Kuala Lumpur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com