Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal IV-2015, Kinerja Industri Pengolahan Tertekan

Kompas.com - 08/01/2016, 18:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mengindikasikan pertumbuhan kegiatan usaha di Indonesia pada kuartal IV-2015 melambat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Hal ini tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) sebesar 3,02 persen, lebih rendah dibandingkan 5,06 persen pada kuartal III-2015.

Perlambatan kegiatan usaha terutama disebabkan kontraksi yang lebih dalam pada sektor pertambangan dan penggalian dengan SBT sebesar -1,18 persen.

Rata-rata kapasitas produksi terpakai pada kuartal IV-2015 berada pada level 75,23 persen, lebih rendah dibandingkan 75,36 persen pada kuartal sebelumnya.

"Kinerja sektor industri pengolahan pada triwulan IV-2015 masih berada dalam tekanan kontraksi, namun membaik dibandingkan periode sebelumnya (SBT -0,84 persen) sebagaimana diindikasikan oleh SBT sebesar -0,34 persen," tulis BI dalam keterangan resmi, Jumat (8/1/2016).

Meskipun kinerja industri pengolahan berada dalam tekanan kontraksi, dari sisi keuangan, kondisi likuiditas dan rentabilitas perusahaan pada kuartal IV 2015 lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya.

Secara triwulanan, kegiatan usaha pada kuartal I 2016 diperkirakan mengalami ekspansi. Hal ini terindikasi dari SBT kegiatan usaha pada kuartal I 2016 sebesar 8,59 persen.

"Ekspansi kegiatan usaha terutama diperkirakan terjadi pada sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan (SBT 2,96 persen) dan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan (SBT 2,03 persen)," kata bank sentral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com