Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli 2016, Semua Kartu ATM/Debit Baru BNI Sudah Pakai Chip

Kompas.com - 11/01/2016, 08:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - 31 Desember 2021 merupakan batas waktu penerapan teknologi chip pada kartu ATM/Debet sesuai dengan arahan Bank Indonesia (BI).

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyatakan akan mulai menerapkan penggunaan kartu ATM/Debit dengan chip khusus untuk penerbitan kartu baru mulai pertengahan tahun ini.

"Juli 2016 kartu-kartu baru sudah pakai chip dan renewal (penggantian kartu baru) yang sudah habis masa berlakunya. Juli sudah kita mulai," kata Direktur Consumer Banking BNI Anggoro Eko Cahyo di Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Menurut Anggoro, dengan batas waktu selama 5 tahun hingga 2021, maka secara perlahan penggunaan kartu ATM/Debit yang menggunakan pita magnetik atau magnetic stripe akan habis seiring berjalannya waktu.

"Kalau ada nasabah yang merasa ingin mengganti kartu dengan yang ada chip walaupun masa berlakunya masih ada, bisa meminta. Untuk yang request ini akan ada biaya tambahan (penggantian kartu)," ujarnya.

Terkait penerapan teknologi chip, Anggoro menyatakan perseroan bukan belum memiliki kesiapan. Akan tetapi, BNI memiliki jumlah nasabah pemegang kartu ATM/Debet sangat banyak, sehingga perlu waktu untuk melakukan proses migrasi kartu tersebut.

"Bukan soal kendala, kita lebih ke timing. Jumlah kartu yang besar itu untuk implementasinya kita butuh waktu yang cukup. Kita juga butuh upgrade mesin. Apalagi mesin ATM yang di bawah tahun 2008 itu harus diganti," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com