Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Rate Turun, BCA Pertimbangkan Turunkan Bunga

Kompas.com - 18/01/2016, 10:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate dari 7,5 persen menjadi 7,25 persen. Dengan demikian, ada harapan perbankan juga akan menurunkan suku bunga deposito maupun kredit sehingga masyarajat lebih mudah memperoleh pembiayaan.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja, mengatakan, pihaknya masih menimbang-nimbang untuk melakukan penurunan suku bunga. Hal ini, kata Jahja, akan disesuaikan dengan likuiditas yang dimiliki BCA.

"BI Rate itu sinyal. Ke depan kita lihat likuiditas cukup atau tidak," kata Jahja ketika ditemui pada acara Pertemuan Tahunan Pelaku Industri Jasa Keuangan, Jumat (16/1/2016) malam.

Jahja menuturkan, apabila likuiditas yang dimiliki perseroan mencukupi, maka bisa saja suku bunga deposito diturunkan.

Apabila suku bunga deposito sudah diturunkan, maka BCA bisa menurunkan suku bunga kredit.

Namun, permasalahannya adalah likuiditas BCA maupun industri perbankan tengah mengalami pengetatan. Loan to deposit ratio (LDR) atau rasio kredit terhadap dana pihak ketiga (DPK) yang dimiliki BCA saja meningkat, sehingga perseroan semakin sulit untuk menyalurkan kredit.

"Likuiditas kita makin ketat, LDR saya dari 78 persen naik ke 81 persen, jadi kan likuiditas makin ketat. Industri juga naik ke 90 persen. Biarpun BI Rate turun tapi likuiditas ketat ya bunga susah turun," jelas Jahja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com