Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenaga Kerja Sektor Pariwisata Paling Siap

Kompas.com - 19/01/2016, 19:30 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semua sektor yang akan bersaing di Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tenaga kerja di bidang pariwisata dinilai yang paling kompetitif saat ini. "Sektor pariwisata tenaga kerja kita paling kuat. Paling bisa bersaing," kata Hanif Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Menurut dia, dari segi infrastruktur dan kesiapan tenaga kerja, sektor pariwisata paling unggul dibandingkan sektor lainnya. "Infrastruktur pelatihan siap dan dari segi kelengkapan standar, seperti SKNNI atau standar tenaga kerja, pariwisata paling komplit," ujar Hanif.

Maka dari itu, untuk mempersiapkan diri menghadapi MEA, Hanif mengaku pihaknya sedang berusaha menggenjot kualitas tenaga kerja di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan tenaga kerja pelatihan. Hal ini untuk menambah kompetensi dan nilai tambah pada para tenaga kerja.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bersamaan dengan diberlakukannya MEA, arus perpindahan tenaga kerja dari satu negara ke negara lain di Asia Tenggara juga makin besar. Namun, negara-negara anggota ASEAN sepakat untuk memberikan kebebasan pada hanya 8 jenis profesi. Kedelapan profesi yang dimaksud antara lain akuntan, teknik, surveyor, arsitek, perawat, pekerja kesehatan, dokter gigi, dan pekerjaan bidang pariwisata. Kedelapan profesi ini disepakati dalan mutual recognition arrangements (MRA) antara negara ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com