Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLTMH dari PGN, Warga Bayar Listrik Cukup dengan Hasil Bumi

Kompas.com - 20/01/2016, 14:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 600 kepala keluarga di empat desa di Probolinggo, Jawa Timur, setiap bulan membayar tagihan listrik dengan hasil bumi.

Adapun listrik yang digunakan itu dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang ber kapasitas 40 kilo Watt (kW) bantuan dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Adapun desa-desa yang menikmati aliran listrik dari PLTMH ini adalah Desa Andung Biru, Desa Tiril, Desa Sumber Duren, dan Desa Roto.

Kepala Komunikasi Korporat PGN, Irwan Andri Atmanto menuturkan hal tersebut berlangsung sejak 2011.

"Kami senang bisa membantu masyarakat di empat desa di Probolinggo, sehingga mereka bisa bersama-sama dengan PGN bisa memanfaatkan sumber daya alam di sana untuk menjadi listrik yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Irwan, dalam keterangan resmi, Rabu (20/1/2016).

Sementara itu seorang warga Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Probolinggo, M. Rosid, menuturkan dia merintis pembangunan PLTMH sendiri, dengan kapasitas yang sangat kecil, yaitu hanya 16 kilo Watt.

Kemudian pada 2011 PGN bekerjasama dengan Universitas Brawijaya memberikan bantuan satu unit PLTMH kapasitas 40 kilo Watt.

"Alhamdulillah, malam hari desa-desa di sini jadi terang, anak-anak bisa belajar, keluarga bisa nonton televisi setiap hari," ungkap Rosid.

Ia menambahkan, setiap rumah di 4 desa tersebut terdapat meteran listrik. Setiap bulannya pemakaian listriknya dicatat oleh petugas koperasi yang dikelolanya bersama beberapa warga lainnya.

Rosid mengatakan, bagi warga desa yang ekonominya masih lemah, tidak perlu bayar listrik alias gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com