Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Bakal Jadi Masa Depan Ekspor Sawit Indonesia

Kompas.com - 20/01/2016, 18:18 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha sawit nasional melihat Pakistan akan menjadi pasar yang potensial di masa mendatang. Pasalnya, pertumbuhan permintaan  produk sawit dari Pakistan  semakin membesar beberapa tahun terakhir.

Menurut, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriono pertumbuhan permintaan minyak sawit di Pakistan pada 2015 lalu sekitar 32 persen menjadi 2,1 ton. Sementara, pada 2014 hanya berada di 1,66 juta ton. "Pakistan ini cukup bagus, di tahun lalu permintaanya sampai 2,1 Juta ton," ujar Joko Supriyono di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Selain itu, dia juga mengatakan hingga dua atau tiga tahun ke depan permintaan sawit Pakistan bisa mencapai 3,5 juta ton. "Peningkatan luar biasa ini disebabkan oleh peningkatan pendapatan masyarakat serta peningkatan populasi di sana," ujar Joko.

Joko mengatakan, Pakistan merupakan pasar masa depan. Makanya, dia berharap agar pemerintah menjaga baik kerja sama dengan Pakistan. Selain itu, dia juga berharap agar pemerintah memperkuat hubungan dagang dengan Pakistan. "Dijaga hubungannya. Untung saja kemarin beras dari sana bisa masuk sini (Indonesia), kalau tidak bisa, terancam itu potensi pasar masa depan," demikian Joko.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com