Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Cepat Jakarta-Bandung Dimulai, Jokowi Ingin Kerja Sama dengan China Diperluas

Kompas.com - 21/01/2016, 14:16 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Jokowi resmi menekan tombol tanda dimulainya proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung hari ini, Kamis (21/1/2016).

Menurut Presiden, proyek tersebut merupakan bentuk kerja sama yang baik antar-badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia dan China.

Ke depan, Presiden Jokowi ingin hubungan Indonesia dan China dipererat sehingga kerja sama kedua negara bisa semakin luas ke semua sektor.

"Sampaikan salam saya ke Presiden Xi Jin Ping agar kerja sama Indonesia-China bisa diperluas ke bidang lainnya, agar kerja sama ini lebih erat," ujar Presiden dalam sambutannya, di Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/1/2016).

Presiden berjanji akan terus memantau progres pembangunan KA Cepat Jakarta-Bandung. Ia ingin proyek patungan BUMN Indonesia dan China itu bisa segera memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Saya berharap kereta cepat ini bisa memberikan dampak baik jangka pendek maupun jangka panjang," kata Presiden.

Selain itu, Jokowi juga mendorong BUMN untuk saling bekerja sama dan saling bersinergi untuk memperluas pembangunan baik di Jawa maupun luar Jawa.

Menurut dia, proyek KA Cepat juga bukti bahwa BUMN sudah mulai bersinergi. Sebab, terdapat empat BUMN yang terlibat dalam proyek itu, yakni Jasa Marga, PTPN VIII, PT KAI, dan Wika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com