Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Fokus Buka Cabang di Malaysia dan Singapura

Kompas.com - 21/01/2016, 14:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Digulirkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuka kesempatan perbankan melakukan ekspansi ke berbagai  negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Meski masih membidik kemungkinan bisnis di Vietnam dan Myanmar, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk tetap fokus untuk dapat melebarkan sayap ke Malaysia dan Singapura.

Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, bank pasti mempertimbangkan sisi profitabilitas ketika ekspansi.

Di antara negara-negara tetangga, Indonesia masih menjanjikan profitabilitas dibanding negara lainnya. Oleh karena itu, kata Kartika, banyak bank asing yang ingin berekspansi di Indonesia, ketimbang bank dari Indonesia yang ingin berekspansi ke luar negeri.

"Ada satu situasi di mana kalau bank yang efisien, bisa kelola dana dengan baik, itu bisa dapat ROE yang tinggi sekali. Di region ini ROE paling 14 sampai 15 persen, tapi di Indonesia besar, bisa sampai 18 sampai 20 persen ke atas," ujar Kartika, Kamis (21/1/2016).

Bank Mandiri, imbuh Kartika, mempertimbangkan banyak hal ketika berekspansi ke negara lain. Termasuk, kompetensi utama yang ingin ditonjolkan di negara tujuan.

Saat ini perseroan masih mengkaji keunggulan-keunggulan yang akan dikembangkan di negara lain ke depan.

Di Singapura, Bank Mandiri lebih berfokus pada bisnis wealth management dan bisnis segmen korporasi. Sementara itu, di Malaysia, perseroan lebih fokus pada bisnis remitansi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com