Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli Sebut Ada "Raja-Raja Kecil" di Perdagangan Antar-Pulau

Kompas.com - 21/01/2016, 19:44 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, perdagangan antar-pulau saat ini masih kurang efektif. Akibatnya, banyak terjadi perbedaan harga dan gangguan suplai.

Hal itu menyoroti masih tingginya harga daging sapi di wilayah DKI Jakarta, padahal pemerintah telah menganggarkan dana cukup besar untuk pengadaan kapal ternak.

Rizal menyatakan, yang dibutuhkan rakyat saat ini adalah sistem perdagangan yang kompetitif.

"Memang tadi ada laporan perdagangan antar-pulau juga tidak kompetitif. Ada raja-raja kecil lah," kata Rizal di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Harusnya, sambung Rizal, selama perdagangan itu dilakukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tidak ada hambatan sama sekali.

"Sejauh mungkin kita harus kurangin hambatan perdagangan antar-pulau," kata Rizal.

Sebelumnya, pada November 2015, Presiden Joko Widodo meresmikan Kapal Perintis 750 DWT, kapal khusus pengangkut hewan ternak, di Desa Ujung Piring, Kecamatan Kamal, Selasa (10/11/2015).

Ani Puji Utami, Direktur Utama PT Adiluhung Sarana Segara Indonesia, selaku perusahaan pembuat kapal, menjelaskan, kapal angkutan ternak yang diresmikan Presiden Jokowi hari itu merupakan kapal pertama di Indonesia untuk jenis tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com