Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan Produk, "Pesta Reksa Dana 2016" Digelar

Kompas.com - 25/01/2016, 14:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Self Regulatory Organization (SRO) bekerjasama dengan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) menghelat Pesta Reksa Dana 2016.

Acara ini digelar pada 27 sampai 30 Januari 2016 di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai pukul 08.30 sampai 18.00.

Ini dilakukan untuk menyosialiasikan produk reksa dana kepada masyarakat guna mendorong perkembangan pasar modal.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan, Pesta Reksa Dana 2016 bertujuan mengubah konsep masyarakat yang selama ini hanya menyimpan uang di bank, untuk selanjutnya bisa mengenal pasar modal.

"Satu hal yang menjadi pemikiran kami bahwa BEI dan pasar modal ingin suatu hari nanti terjadi perpindahan konsep masyarakat Indonesia. Dari sebelumnya menyimpan uang di perbankan menjadi investment society," kata Samsul di Jakarta, Senin (25/1/2016).

SRO menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 1.000 orang per hari dengan sasaran calon investor ibu rumah tangga, wiraswasta, karyawan, akademisi, dan profesional.

"Tentunya kita berdasarkan pengetahuan bahwa tingkatan masyarakat kita melihat masuk reksa dana adalah pilihan awal. Setelah memahami, menikmati, tentunya menjadi investestor yang ekspansif masuk equity dan surat utang," tutur Samsul.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan kinerja reksa dana cukup positif. Hingga 23 Desember 2015, terdapat 1.083 produk reksa dana yang terdaftar dengan dana kelolaan atau Nilai Aktiva Bersih (NAB) Rp 268,44 triliun.

OJK juga mencatat terdapat 181,94 miliar unit penyertaan dari 15 jenis reksa dana.

Di tahun sebelumnya, OJK melaporkan, hanya ada 894 produk reksa dana dengan NAB sebanyak Rp 241,57 triliun per akhir 2014 dan 142,72 miliar penyertaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com