Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Jateng Terendah di Pulau Jawa

Kompas.com - 26/01/2016, 19:03 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Kenaikan harga barang dan jasa di Jawa Tengah relatif rendah sepanjang 2015. Tak heran, angka inflasi di Jawa Tengah lebih rendah dibandingkan  provinsi lain di Pulau Jawa.

Rendahnya angka inflasi salah satunya terindikasi dari uang yang beredar di masyarakat sepanjang tahun 2015. Inflasi yang rendah juga merupakan dampak diterapkannya Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (Sihati). Dengan demikian, perkembangan harga barang pokok bisa terus terpantau.

“Jateng berhasil menjaga stabilitas harga dengan baik, inflasi tahun 2015 hanya 2,731 persen. Itu terbaik di Jawa. Jateng terbaik dibandingkan provinsi lain,” ujar Deputi Kepala BI Jateng, Ananda Pulungan di Semarang, Selasa (26/1/2016).

Pulungan menambahkan, selain inflasi yang rendah, pertumbuhan ekonomi Jateng juga relatif bagus. “Khusus di Jateng, pertumbuhan ekonomi sangat baik, semester I baik, semester II turun, semester III membaik, dan semeter IV tahun 2015 lebih baik lagi,” kata Pulungan.

BI melihat ada kecenderungan peningkatan daya beli masyarakat di ujung tahun. Saat itu, sirkulasi keuangan di masyarakat sangat tinggi. “Itu dipicu oleh adanya hari libur yang panjang. Itu sangat menggerakkan ekonomi,” tambahnya.

Terkait proyeksi di awal tahun 2016 ini, BI memperkirakan sejumlah harga kebutuhan pokok akan kembali turun. Angka inflasi pada bulan Januari 2016 kemungkinan menurun dibandingkan Desember 2015.

“Kalau lihat normalnya, Januari ini inflasi lebih rendah dibanding Desember. Proyeksi inflasi pada Januari sekitar 0,3 sampai 0,5 persen,” paparnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com