Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Komoditas Turun, Pinjaman Bank Perusahaan Tambang Turun 7,5 Persen

Kompas.com - 27/01/2016, 10:09 WIB
M Fajar Marta

Penulis

Jakarta, Kompas.com - Harga bahan tambang terjun bebas mengikuti kejatuhan harga minyak dan kelesuan perekonomian dunia. Perusahaan-perusahaan tambang di tanah airpun terkena imbasnya.

Sebagian besar perusahaan tambang tidak mampu lagi berekspansi. Mereka yang biasanya rutin mengajukan pinjaman atau kredit ke bank untuk ekspansi, kini tak lagi melakukannya. Jangankan untuk berekspansi, bertahan saja sulit.

Dampaknya, pinjaman atau kredit bank perusahaan tambang pun turun. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total pinjaman perusahaan tambang di perbankan nasional pada akhir November 2015 tercatat Rp 132,6 triliun. Angka tersebut turun 7,5 persen dibandingkan awal tahun 2015 yang sebesar Rp 142,82 triliun.

Tren penurunan pinjaman bank perusahaan tambang telah terlihat sejak triwulan pertama 2015. Sejak itu, angka pinjaman terus menurun hingga sekarang.

Saat ini, harga bahan-bahan tambang di pasaran sudah berada di bawah harga produksinya. Ini membuat banyak perusahaan tambang yang menyetop usahanya untuk sementara. Sebagian dari mereka juga terpaksa merumahkan karyawannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com