Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penampakan Bagian Dalam Terminal 3 "Ultimate" Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 27/01/2016, 18:31 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Dalam hitungan bulan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan punya wajah baru. Sebab, pembangunan Terminal 3 "Ultimate" tahap pertama akan rampung dan segera dioperasikan pada akhir Mei 2016.

Sebelum resmi dioperasikan, Kompas.com berkesempatan meninjau langsung pembangunan terminal yang mampu menampung 25 juta penumpang per tahun tersebut.

"Hingga hari ini, pengerjaan pembangunannya sudah mencapai 94 persen," ujar Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Budi Karya Sumadi di Tangerang, Rabu (27/1/2016).

Bersama Direktur Operasional AP II Djoko Murdjatmojo, Budi mengantarkan Kompas.com dan beberapa wartawan dari media lain untuk melihat bagian dalam Terminal 3 "Ultimate".

Untuk menuju terminal baru itu, AP II sudah menyediakan jalan layang (flyover) yang berada di sekitar bundaran jalan bandara. Meski jalannya sudah rampung, AP II belum membukanya untuk umum.

Sesampainya di Terminal 3 "Ultimate", kesan modern langsung menyeruak. Kaca biru besar dan tiang-tiang putih yang menjulang tinggi menambah kesan kekokohan bangunan tersebut. Sebagai penyambung antara jalan layang dan terminal, 5 jembatan tersedia dengan ukuran cukup lebar. Jembatan tersebut akan langsung tersambung ke area dalam terminal bandara.

Saat memasuki area dalam, terminal tersebut tampak sangat luas. Saat ditanyakan kepada Direktur Operasional AP II Djoko Mirdjatmojo, panjang bangunan terminal mencapai 1,2 kilometer.

"Untuk tempat check in saja sekitar 800 meter," kata Djoko.

Saat ini, Terminal 3 "Ultimate" belum sepenuhnya rampung. Area check in belum selesai. Beberapa bagian lantai dan atap terlihat belum dipasang. Debu-debu proyek pun masih menempel di kaca-kaca besar bagian dalam terminal.

Menurut Budi, saat ini, pengerjaan bagian dalam terminal tinggal finishing. Nantinya, interior Terminal 3 "Ultimate" akan ditata menggunakan konsep art and culture. Berbagai hasil karya dari seniman-seniman Indonesia pun akan dipajang untuk mempercantik bagian interior.

Selain itu, AP II juga akan menyediakan tempat khusus untuk area komersial. Dengan begitu, para pengguna jasa angkutan udara diharapkan bisa merasa nyaman berada di terminal bandara yang dibangun dengan dana Rp 6 triliun tersebut.

"Kami upayakan, dengan adanya Terminal 3 'Ultimate' ini, (kami) bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com