Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyak Topang Wall Street, Saham Facebook Melonjak

Kompas.com - 29/01/2016, 06:37 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Saham-saham di Wall Street berakhir menguat pada perdagangan Kamis (28/1/2016) waktu setempat (Jumat pagi WIB).

Kenaiakan bursa saham AS ini didukung lonjakan saham-saham minyak seiring dengan menguatnya harga emas hitam itu dan laba Facebook.

Dow Jones Industrial Average ditutup naik 125,18 poin (0,79 persen) pada 16.069,64.

Indeks berbasis luas S&P 500 bertambah 10,41 poin (0,55 persen) menjadi 1.893,36, sementara indeks komposit Nasdaq menguat 38,51 poin (0,86 persen) ke posisi 4.506,68.

Harga minyak naik didorong berita potensi pembicaraan antara Rusia dan produsen OPEC untuk memangkas produksi. Hal ini  mengangkat saham perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan sektor minyak.

Anggota Dow, ExxonMobil, naik 2,3 persen, sedangkan perusahaan jasa minyak Baker Hughes melonjak 5,6 persen meskipun melaporkan kerugian 1 miliar dollar AS untuk kuartal keempat.

Sementara saham Facebook melonjak 15,5 persen setelah melaporkan bahwa keuntungan kuartal keempatnya naik lebih dari dua kali lipat menjadi 1,6 miliar dollar AS. Kenaikan laba itu ditopang oleh penerimaan yang lebih tinggi dari pengiklan online.

Hasil Facebook juga mengangkat saham-saham teknologi ternama berorientasi pada pertumbuhan lainnya, seperti Netflix dan induk perusahaan Google, Alphabet, yang masing-masing melompat 3,6 persen dan 4,4 persen.

Michael James, direktur perdagangan ekuitas di Wedbush Securities, mengatakan sentimen pasar bervariasi setelah pernyataan kebijakan Federal Reserve pada Rabu tetap mempertahankan kemungkinan kenaikan suku bunga pada Maret.

"Meskipun indeks naik, masih ada ketergantungan negatif dari Fed tidak mengambil kenaikan suku bunga Maret dari meja," kata James.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com