Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rini: Soal Jaminan Kereta Cepat, Saya Keterluan Kalau Tak Bisa Jaga Komitmen BUMN

Kompas.com - 30/01/2016, 22:47 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno menjamin, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tidak akan melanggar komitmen bahwa pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung tanpa jaminan dari pemerintah dan tanpa dukungan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Rini mengatakan, 60 persen saham perusahaan patungan dengan China tersebut, dimiliki oleh konsorsium BUMN Indonesia. Sementara, konsorsium perusahaan pelat merah China menguasai saham 40 persen.

"Sejak awal kita sudah komit, sejak awal proyek ini tidak ada jaminan dari pemerintah, dan tidak ada pendanaan dari APBN. Dan itu kita komit. Saya sebagai Menteri BUMN keterlaluan kalau tidak bisa menjaga perusahaan BUMN tetap komit terhadap itu," kata Rini, di Jakarta, Sabtu (30/1/2016).

Rini mengatakan, meskipun tidak meminta jaminan untuk pembiayaan, akan tetapi sebagai investor PT KCIC tetap membutuhkan kepastian dalam hal konsesi.

"Jadi yang diminta adalah jaminan kalau kita dikasih hak konsesi 50 tahun," kata dia.

Rini menyampaikan, investor kereta cepat Jakarta-Bandung khawatir apabila komitmen konsesi berubah dari 50 tahun menjadi 30 tahun, hal ini bisa mengganggu pengembalian hutang ke kreditur.

"Hanya ingin itu jaminannya," kata Rini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com