Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Pembiayaan atau Multifinance Akan Menjadi Penyalur Kredit Usaha Rakyat

Kompas.com - 01/02/2016, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk tahun 2016 ini, tidak hanya perbankan yang menjadi pihak penyalur. Perusahaan pembiayaan atau multifinance pun akan menjadi penyalur KUR.

Menurut Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 1 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edi Setiadi, regulator masih dalam tahap penetapan kriteria perusahaan pembiayaan yang akan menjadi penyalur KUR. Namun begitu, sudah ada lima kandidat perusahaan pembiayaan yang akan menyalurkan KUR tahun ini. Kelima perusahaan pembiayaan yang menjadi kandidat penyalur KUR antara lain BCA Finance, Adira Finance, MNC Finance, Astra Multifinance, dan Mega Finance.

"Masih dalam tahap pilot project. Dana (KUR) yang disalurkan melalui perusahaan pembiayaan ditargetkan Rp 1,2 triliun," kata Edi dalam jumpa pers Kinerja IKNB 2015 di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Namun begitu, lanjut Edi, penetapan hingga sampai ke tahap final ada di tangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. OJK telah mengajukan kandidat-kandidat perusahaan pembiayaan yang akan menyalurkan KUR, namun ketetapan tetap berada di Menko Perekonomian.

Edi menambahkan, meski untuk tahap awal hanya 5 perusahaan pembiayaan yang akan menyalurkan KUR, namun regulator berupaya agar ke depan semakin banyak perusahaan pembiayaan yang juga bisa menyalurkan kredit usaha tersebut. Adapun terkait sektor, OJK pun berharap sektor pembiayaan KUR oleh perusahaan pembiayaan semakin luas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com