Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan Berikan Hak Eksklusif untuk Kereta Cepat

Kompas.com - 02/02/2016, 07:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengakui, ada tiga hal yang sudah ia setujui terkait konsesi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Salah satunya ialah terkait dengan hak eksklusif yang akan diberikan kepada PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Hak eksklusif yang dimaksud ialah terkait pengelolaan jalur trase kereta cepat Jakarta-Bandung. "(Trase) itu tidak boleh dimasuki kereta lain," kata Jonan, Senin (1/2/2016), di Jakarta.

Sebelumnya, KCIC memang meminta hak eksklusif tersebut. Jika diberikan, tidak boleh ada proyek kereta lain yang sejajar atau berdekatan dengan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung ini, termasuk ketika pemerintah nantinya akan membangun proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya. 

Jonan berasalan, sebagai pihak yang membangun proyek tersebut, KCIC wajar mendapatkan hak tersebut.

Poin lainnya yang ia tegaskan terkait konsesi adalah mengenai jaminan. Ia mengatakan, tidak ada jaminan yang diberikan dalam kaitan penggunaan APBN. Jaminan akan diberikan terkait kepastian hukum. (Baca juga: Menkeu Ingatkan Proyek KA Cepat Tanpa APBN dan Jaminan Pemerintah)

Selain itu, yang lainnya adalah konsesi proyek ini akan berlangsung selama 50 tahun sejak konsesi diberikan, bukan ketika proyek selesai. Akibatnya, konsorsium akan terancam merugi jika proyek tersebut molor karena alasan-alasan hukum. (Asep Munazat Zatnika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com