Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan 4G LTE, XL Alokasikan Belanja Modal Rp 7 Triliun

Kompas.com - 02/02/2016, 17:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT XL Axiata Tbk mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 7 triliun di tahun 2016 ini. Dana tersebut akan dipergunakan perseroan untuk mengembangkan teknologi informasi (IT) dan 4G LTE.

"Kami anggarkan capex untuk pengembangan bisnis di sepanjang tahun ini. Dana capex sebesar Rp 7 triliun ini untuk pengembangan LTE dan IT," kata Presiden Direktur dan CEO XL Dian Siswarini di kantornya, Selasa (2/2/2016).

Menurut Dian, dari keseluruhan dana belanja modal tersebut, 60 persen akan digunakan untuk keperluan pengembangan 4G LTE. Sementara itu, 40 persen sisanya digunakan untuk pengembangan IT. Adapun dana tersebut berasal dari internal perseroan.

"Dana capex kami peroleh dari kas internal. Kami tidak pernah menggunakan dari pinjaman," ujar Dian. Pada tahun 2015, belanja modal XL sebesar Rp 4,1 triliun. Dana yang juga berasal dari internal tersebut digunakan untuk memperluas infrastruktur data dan layanan mobile.

Pada kuartal IV 2015, perseroan membukukan pertumbuhan pendapatan 2 persen secara kuartalan. Laba kotor naik 2 persen secara kuartalan menjadi Rp 2,3 triliun. XL membukukan laba bersih sebesar Rp 51 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com