Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Mulai Turunkan Suku Bunga Kredit

Kompas.com - 03/02/2016, 19:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) bulan lalu memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate dari 7,5 persen menjadi 7,25 persen. Penurunan BI Rate mendorong perbankan Tanah Air menurunkan suku bunga simpanan dan pinjamannya.

Sejak BI Rate turun, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menurunkan suku bunga kreditnya sebesar 25 basis poin (bps). "Suku bunga kredit telah diturunkan 25 bps pada awal Februari 2016," ujar Asmawi di Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Menurut Asmawi, penurunan suku bunga kredit dapat saja dilakukan kembali. Akan tetapi, hal ini baru dapat ditetapkan setelah adanya pengkajian dari manajemen.

"Penurunan akan dilakukan secara bertahap. Kami akan terus evaluasi," sebut Asmawi.

Untuk tahun 2016, BRI membidik pertumbuhan kredit pada kisaran 13 persen sampai 15 persen, sedangkan untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditargetkan mencapai Rp 67,5 triliun, yang dialokasikan untuk KUR mikro sebesar Rp 65 triliun, KUR ritel Rp 6 triliun, dan KUR TKI Rp 500 miliar.

"Suku bunga KUR di semua sektor ditetapkan 9 persen per tahun sesuai dengan ketentuan dari pemerintah," tutur Asmawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com