Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Lapangan Usaha Ini Tumbuh Tinggi di Kuartal IV 2015

Kompas.com - 05/02/2016, 14:31 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada tiga lapangan usaha yang tumbuh tinggi di kuartal IV 2015. Antara lain, pertama lapangan usaha dibidang administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menuturkan, lapangan usaha tersebut pada kuartal IV 2015 tumbuh 10,87 persen dibandingkan kuartal sebelumnya (QtQ).

Dia menerangkan, pertumbuhan di lapangan usaha tersebut dikarenakan peningkatan anggaran dari pemerintah. Secara tahunan, pertumbuhan lapangan usaha ini juga meningkat dibandingkan tahun 2014.

Lapangan usaha kedua, jasa pendidikan. Lapangan usaha ini tumbuh cukup tinggi sebesar 9,45 persen dibandingkan kuartal III-2015. Pertumbuhan terjadi baik di jasa pendidikan yang dilakukan pemerintah maupun swasta.

Ketiga, jasa kesehatan dan kegiatan sosial. Lapangan usaha ini tumbuh sebesar 7,26 persen dibandingkan kuartal III-2015.

Pertumbuhan usaha Ini dikarenakan ada bansos (bantuan sosial) yang meningkat cukup tajam, dan penggunaannya terjadi peningkatan lantaran ada kejadian alam.

"Sehingga biaya berobat masyarakat mendapat dukungan dari bansos,” ucap Suryamin di Jakarta, Jumat (05/02/2016).

Sementara itu, apabila dibandingkan dengan kuartal IV 2014 (YoY), tiga lapangan usaha yang tumbuh tinggi di kuartal IV 2015 adalah jasa keuangan dan asuransi, jasa informasi dan komunikasi, serta jasa konstruksi.

Jasa keuangan dan asurani meningkat 12,52 persen dikarenakan peningkatan pendapatan jasa keuangan. “Ada juga kredit yang disalurkan lembaga pembiayaan,” imbuh Suryamin.

Sementara itu jasa informasi dan komunikasi tumbuh 9,74 persen dikarenakan peningkatan jumlah pengguna layanan 4G LTE, dan peningkatan jasa teknologi informasi (TI).

Terakhir jasa konstruksi yang tumbuh 8,24 persen, yang diakibatkan peningkatan pembangunan infrastruktur.

“Di kuartal IV-2015 ini memang terjadi percepatan. Beberapa kali Presiden mengumpulkan para gubernur/walikota, dan menteri, untuk mendorong anggaran pemerintah, sebagian digunakan untuk sektor konstruksi seperti jembatan dan jalan,” pungkas Suryamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com