Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Triwulan IV 2015

Kompas.com - 08/02/2016, 16:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta tahun 2015 mencapai 5,88 persen secara tahunan.

Capaian ini sedikit menurun dibandingkan tahun 2014 yang sebesar 5,91 persen.

Namun, secara kuartalan, pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta membaik menjadi 6,48 persen pada kuartal IV 2015 dibandingkan 6,12 persen pada kuartal sebelumnya.

"Dorongan peningkatan pertumbuhan pada kuartal IV 2015 terutama berasal dari gencarnya realisasi anggaran belanja baik dari Pemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta," kata Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah DKI Jakarta Doni P Joewono dalam siaran pers yang diterima Senin (8/2/2016) di Jakarta. 

Selain itu, kata Doni, adanya dorongan yang cukup tinggi dari sisi produksi terutama pada sektor industri, transportasi, komunikasi dan jasa keuangan.

Sementara itu, konsumsi rumah tangga dan investasi sektor swasta masih lemah.

Hal serupa pun terjadi pada permintaan eksternal. Lemahnya ekonomi global berdampak pada pertumbuhan ekspor yang menurun pada kuartal IV 2015.

"Dengan perkembangan tersebut, perbaikan pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2016," ujar Doni.

Realisasi angka pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan stabilitas ekonomi makro yang tetap terjaga diharapkan dapat memberikan ekspektasi positif untuk mendorong pertumbuhan investasi swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com