Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascagempa, Pabrik Semikondutor Taiwan Segera Normal

Kompas.com - 09/02/2016, 10:25 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Bloomberg
TAIPEI, KOMPAS.com - Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., pabrik semikonduktor yang menyuplai chip untuk iPhone dan produk lain, menegaskan 85% peralatan di dua pabriknya akan berjalan normal per Senin (08/02/2016).

Sementara peralatan di pabrik ketiga masih butuh sekitar dua hingga tiga hari perbaikan untuk bisa beroperasi kembali. Demikian menurut juru bicara perusahaan, Elizabeth Sun.

Menurut dia, perusahaan tidak perlu untuk mengubah target kinerja kuartal I 2016 walaupun ada musibah gempa yang melanda Taiwan.

"Dampak akibat gempa tidak begitu besar pada pabrik chip di Taiwan," tulis analis Bloomberg Intelligence Anand Srinivasan dan Eshani Guptewrote dalam sebuah laporan. Penyebabnya, "Banyak pabrik disana tutup karena bertepatan dengan Tahun Baru China."

Taiwan sendiri merupakan negara yang rentan gempa, sebab berdekatan dengan dua lempeng tektonik, yakni lempeng Laut Filipina dan lempeng Eurasia.

Di tahun lalu, ada sekitar 79 gempa dengan kekuatan rata-rata 4,5 skala Richter, berdasarkan Badan Survey Geologi AS.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 6,4 skala Richter melanda kota Tainan, Taiwan bagian selatan, pada Sabtu (06/02/2016) dini hari. Beberapa gedung dilaporkan rubuh.

Jumlah korban meninggal dilaporkan berjumlah 37 jiwa, dan jumlah ini diestimasi masih akan terus meningkat karena masih banyak korban dilaporkan hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com