Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Ditunjuk Jadi Penanggung Jawab Proyek Kilang Bontang

Kompas.com - 09/02/2016, 11:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memimpin rapat koordinasi tentang pembangunan kilang minyak di Bontang. Dalam rapat tersebut, PT Pertamina (Persero) ditunjuk sebagai penanggung jawab proyek berskema kerja sama tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan, pembangunan kilang tersebut dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

"Pertamina menjadi penanggung jawab proyek kerja sama atau PJPK. Pertamina akan mencari mitra badan usaha," kata Sudirman di Kantor Menko Perekonomian, Selasa (9/2/2016).

Langkah selanjutnya, Kementerian Keuangan akan menunjuk konsultan internasional dan mencari mitra swasta untuk membangun kilang di Bontang tersebut. Saat ini ada lima investor swasta yang berminat terhadap pembangunan kilang tersebut.

Dengan tambahan pembangunan kilang minyak di Tuban, maka pembangunan kedua kilang minyak ini akan menjadi dua pembangunan kilang minyak terbesar. Dengan demikian, kebutuhan BBM akan terpenuhi dan besaran impor BBM akan berkurang.

Sudirman menargetkan, investor akan ditunjuk pada Oktober 2016. Pemerintah juga menargetkan proses groundbreaking dapat dilaksanakan pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com