Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM Tanggapi Rencana Ahok Hapus Premium

Kompas.com - 09/02/2016, 13:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan mendukung usulan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di Jakarta.

"Kalau visi untuk membuat energi menjadi semakin bersih, itu memang sejalan," kata Sudirman di Kantor Menko Perekonomian, Selasa (9/2/2016).

Menurut Sudirman, rencana penghapusan BBM jenis premium tersebut memang sejalan dengan visi pemerintah.

Pasalnya, ke depan, Indonesia akan dapat mengonsumsi energi yang lebih bermutu. Meskipun demikian, rencana tersebut tidak mudah untuk langsung diimplementasikan. Sebab, harus ada penghitungan yang benar dan cermat.

Selain itu, PT Pertamina (Persero) juga harus memiliki kesiapan. "Implementasinya harus dihitung betul, kepentingan dari para pengusaha SPBU, kesiapan Pertamina, dan sebagainya," ujar Sudirman. (Baca: Kementerian ESDM Pertanyakan Alasan Ahok Ingin Hapus Premium di Jakarta)

Sebelumnya, Ahok ingin menghapus seluruh BBM jenis premium di DKI Jakarta. (Baca juga: Ahok Diingatkan, Penghapusan Premium Bisa Pengaruhi Harga Jual Barang dan Jasa)

Rencana ini disampaikan agar masyarakat memakai alat transportasi publik, mengurangi beban negara, dan menciptakan udara bersih di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com