Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Masuk TPP, Pemerintah Janjikan Akses Pasar ke Petani

Kompas.com - 09/02/2016, 16:42 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berjanji untuk membuka akses dan mencarikan pasar untuk menjual produk hasil pertanian petani, jika masuk dalam skema perdagangan bebas Trans Pacific Partnership (TPP) dan Uni Eropa.

Pemerintah berencana menyasar pasar Australia, Amerika Serikat, dan beberapa negara Eropa lain.

"Terus terang keluhan produsen dan petani adalah, seringkali sudah produksi tapi enggak tahu jual kemana. Kami seringkali mendapat masalah mencari pasar untuk menjual," ujar Menteri Perdagangan Thomas Lembong di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (7/2/2016).

Selain janji tersebut, pemerintah juga berjanji membawa investasi di sektor pertanian. Tujuannya, untuk meningkatkan produktivitas petani dan teknologi di sektor pertanian.

Menteri Perdagangan Thomas LEmbong yakin langkah tersebut akan meningkatkan daya saing produk pertanian Indonesia, agar tidak akan kalah dengan produk pertanian dari negara lain.

"Kalau tidak nanti produksi sudah terserap ke pasar tapi volumenya tidak bisa bertahan, jadi harus konsisten dari volume dan mutu," kata Lembong.

Sementara Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengaku sedang mengupayakan agar minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) dan kakao dari Indonesia tak dikenai pungutan tinggi di Eropa. (Baca: Jika FTA dengan Uni Eropa, CPO dan Kakao Indonesia Tidak Akan Dikenai Tarif Bea Masuk Tinggi ).

Saat ini, dua hasil pertanian Indonesia itu dikenai pungutan tarif 8 persen-12 persen. "Mudah-mudahan bisa usulan ini bisa dibantu. Kalau bisa pungutan tarifnya jadi nol persen," ucap Amran.

Saat ini pemerintah sedang menyiapkan pembentukan tim untuk mengkaji rencana bergabung dengan TPP. (Baca: Persiapan Gabung TPP, Pemerintah Bentuk Tim).

Surat Keputusan terkait pembentukan tim tersebut masih digodok di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian.

Sedangkan, rencana kerja sama perdagangan bebas dengan Uni Eropa masih terus dijajaki. Tim dari Kementerian Perdagangan sudah beberapa mengadakan pertemuan dengan tim dari Uni Eropa untuk membahas kerja sama itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com