Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piawai dalam Layanan Publik, Jawa Barat Akan Dikunjungi 22 Duta Besar Uni Eropa

Kompas.com - 09/02/2016, 18:15 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 22 duta besar negara-negara Uni Eropa akan melakukan kunjungan resmi ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat pekan ini.

Negara-negara tersebut ingin melihat dan mempelajari keberhasilan Pemprov Jabar dalam meningkatkan layanan publik dan membuat laporan keuangan.

Sekretaris Daerah Pemprov Jabar Iwa Karniwa mengatakan, terkait laporan keuangan, sejumlah kemajuan signifikan dicapai, mulai dari raihan opini Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) dari BPK sebanyak empat kali, laporan kinerja instansi pemerintah (lakip), dan beberapa standar pelayanan minimal (SPM).

“Atas keberhasilan ini, rencananya 22 duta besar negara Eropa dan juga dari Brunei Darussalam akan melakukan kunjungan ke Pemprov Jabar, 12 Februari nanti,” ujar Iwa seusai rapat persiapan kunjungan di Gedung Sate, Bandung, Selasa (9/2/2016).

Menurut dia, dubes yang akan hadir di antaranya dari Belgia, Irlandia, Yunani, Austria, Swedia, Slovenia, Romania, dan Austria.

Sementara untuk Belanda, Perancis, Jerman, Italia, dan Britania Raya masih menunggu konfirmasi.

“Prinsipnya, kami akan melayani mereka dengan baik di Gedung Sate,” ujarnya.

Kunjungan resmi tersebut terselenggara berkat kerja sama Pemprov Jabar dengan B_Trust, sebuah lembaga non-pemerintah yang berperan dalam peningkatan akuntabilitas pemerintah daerah.

Kedatangan para duta besar ini juga akan menjadi momentum Pemprov Jabar menawarkan sejumlah kerja sama.

"Selain itu, juga untuk mendorong perdagangan ekspor-impor dan meningkatkan investasi. Kami ingin membuka peluang-peluang investasi di Jawa Barat yang menarik bagi negara Uni Eropa," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com